Kumpulan Artikel-Artikel Motivasi

Friday, May 17, 2013

On 10:04 PM by Unknown in    No comments

motivasi
Zaman dahulu kala, di Tiongkok hidup seorang panglima perang yang memiliki keahlian memanah dan tiada tandingannya. 
Suatu hari, ia ingin memperlihatkan keahlian memanahnya pada rakyat. Lalu ia perintahkan prajurit bawahannya agar menyiapkan papan sasaran serta 100 buah anak panah. Setelah semua siap, Sang Panglima memasuki lapangan penuh percaya diri, lengkap dengan perangkat memanah di tangannya. 
Ia mulai menarik busur dan melepas satu persatu anak panah. Rakyat bersorak sorai menyaksikan kehebatan anak panah yang melesat! Sungguh luar biasa! Seratus kali anak panah dilepas, semuanya tepat mengenai sasaran! 
Dengan wajah berseri-seri penuh kebanggaan, Panglima berucap, “Rakyatku, lihatlah panglimamu! Saat ini, keahlian memanahku tiada tandingannya. Bagaimana pendapat kalian?” 
Di antara kata-kata pujian yang diucapkan oleh banyak orang, tiba-tiba seorang tua penjual minyak berkata tak acuh, “Panglima memang hebat! Tapi itu hanya keahlian yang didapat dari kebiasaan yang terlatih.” 
Tercengang, Panglima dan setiap orang yang hadir saling memandang bertanya-tanya, apa maksud perkataan orang tua itu. 
Orang tua itu berkata, “Tunggu sebentar!” Sambil beranjak dari tempatnya, ia mengambil sebuah uang koin Tiongkok kuno yang berlubang di tengahnya, dan meletakkannya di atas mulut botol guci minyak yang kosong.
Dengan penuh keyakinan, orang tua penjual minyak mengambil gayung penuh berisi minyak dan menuangkannya dari atas melalui lubang kecil di tengah koin tadi, sampai botol guci terisi penuh. Hebatnya, tak ada setetes pun minyak yang luput mengenai permukaan koin itu. 
Panglima dan rakyat tercengang. Mereka bersorak sorai menyaksikan demonstrasi keahlian si penjual minyak. 
Dengan penuh kerendahan hati, orang tua itu membungkukkan badan menghormat ke hadapan panglima sambil mengucap sebuah kalimat bijak, “Itu hanya keahlian yang didapat dari kebiasaan yang terlatih. Kebiasaan yang diulang terus menerus akan melahirkan keahlian.” 
Inilah karakter sukses, yang hanya bisa dibentuk melalui kebiasaan-kebiasaan baik, seperti berpikir positif, antusias, optimis, disiplin, integritas dan tanggung jawab.

By:Liyashady at:zoom-indonesia.com

0 comments:

Post a Comment