Kumpulan Artikel-Artikel Motivasi

Tuesday, May 7, 2013

On 12:43 PM by Unknown in    No comments

motivasi
Seorang cendekiawan pergi menikmati pemandangan laut sore dengan menyewa sebuah perahu nelayan dari tepi pantai. Setelah harga sewa per jam disepakati, ia dan seorang nelayan melaut cukup jauh dari bibir pantai.
Melihat nelayan terus bekerja keras mendayung perahu tanpa banyak bicara, sang cendekiawan bertanya, “Apakah Anda pernah belajar ilmu fisika tentang energi angin dan matahari?”
Tidak,” jawab sang Nelayan singkat.
Cendekiawan melanjutkan, “Ah, jika demikian Anda telah kehilangan seperempat peluang kehidupan Anda.” Nelayan itu hanya mengangguk-angguk, tanpa bersuara.
Apa Anda pernah belajar sejarah filsafat?” tanya cendikiawan lagi.
Belum pernah,” jawab nelayan itu singkat sambil menggelengkan kepalanya.
Cendekiawan pun melanjutkan, “Ah, jika demikian Anda telah kehilangan seperempat lagi peluang kehidupan Anda.”  Lagi-lagi, sang Nelayan hanya mengangguk-angguk, tanpa suara.
Apa Anda pernah belajar dan bisa berkomunikasi dengan bahasa asing?” tanya cendikiawan.
Tidak bisa.”
Aduh, jika demikian Anda total telah kehilangan tigaperempat peluang kehidupan Anda.”
Tiba-tiba, angin kencang bertiup keras dari tengah laut. Perahu yang mereka tumpangi pun hampir terguling. Namun dengan tenang nelayan itu bertanya pada cendekiawan,
Apakah Anda pernah belajar berenang di tengah lautan?”
Dengan suara gemetar dan muka pucat ketakutan, cendekiawan itu menjawab, “Tidak pernah.”
Tak diduga, sang Nelayan pun memberi komentar dengan percaya diri, “Ah, jika demikian, Anda telah kehilangan semua peluang hidup Anda.”
Apakah pelajaran yang tersirat dibalik kisah singkat ini? Bahwa alangkah tidak baiknya menjadi seorang yang sering meninggikan diri dan merasa lebih hebat dari orang lain.
Sehebat apapun kita, selalu ada orang lain yang bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan. Dan betapa kita semua memiliki keterbatasan dan selalu membutuhkan orang lain.

By:Liyashady at:zoom-indonesia.com

0 comments:

Post a Comment