Wednesday, May 15, 2013

Manajemen Sikap yang Mengontrol Hidupmu


motivasi
Dua orang sahabat berjalan memasuki sebuah toko pakaian. Mereka kemudian lantas sibuk memilih dan mencoba baju yang akan mereka beli. 
Saat itu, hari sedang panas dan sudah waktunya makan siang. Terlihat hanya satu orang yang melayani mereka. Dengan sigap, ia membantu dua sahabat itu. 
Namun ternyata ia tidak sedang dalam mood yang bagus, sehingga ia melayani dengan wajah cemberut dan hanya menjawab seadanya saja. 
Dua sahabat yang melihat sikapnya, saling melirik satu sama lain. Bahkan salah satu dari mereka merasa tersinggung dan tidak nyaman, bahkan mood-nya pun berubah menjadi tidak bagus. 
Melihat sahabatnya tenang-tenang saja, bahkan bersikap sangat sopan pada pramuniaga itu, ia bertanya dengan sinis, “Ada apa denganmu? Pramuniaga itu menyebalkan sekali. Untuk apa kamu tetap sopan?” 
Dengan senyum kecil, sahabatnya menjawab, “Mengapa aku harus mengizinkan dia menentukan caraku dalam bertindak? Aku yang menentukan bagaimana aku harus bersikap, bukan dia atau orang lain.” 
Jika dia sedang bad mood, bertingkah tidak sopan, melayani dengan buruk, itu urusannya sendiri. Tak ada kaitannya dengan aku. Kalau aku terpengaruh, berarti aku membiarkan dia mengaturku.” Lanjutnya lagi.
Sadar atau tidak, tindakan kita kerap dipengaruhi oleh tindakan orang lain kepada kita. Jika mereka melakukan hal buruk pada kita, kita akan membalasnya dengan hal yang juga buruk, bahkan lebih. Dan sebaliknya. 
Dan kita yang semula pemurah, bisa menjadi sedemikian pelit ketika harus berurusan dengan orang yang pelit pada kita. Ini berarti tindakan kita dipengaruhi oleh tindakan orang lain. 
Sebenarnya betapa tidak arifnya tindakan yang seperti itu. Mengapa harus menunggu orang lain berbuat baik dulu kepada kita?
"Don't wait for people to be friendly, show them how" (Jangan tunggu seseorang berbuat ramah pada Anda, tunjukkan bagaimana melakukannya). 
Dan jangan biarkan sikap buruk orang lain mempengaruhi cara kita bersikap dan bertindak. Kita lah bos besar yang mengatur diri kita sendiri. Tunjukkan betapa luar biasanya kita mengontrol diri kita!


By:Liyashady at:zoom-indonesia.com

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 motivasi Seo Elite republish by Flashmedia | Blogger Templates